Kriteria Kelulusan

Bagi masyarakat umum persoalan lulus Ujian Nasional dan lulus dari Satuan Pendidikan sering ditafsirkan sama, hal ini terbukti ujian nasional menjadi perdebatan di berbagai media ada pro dan kontra. Bagi yang sebagian bersikap kontra menganggap bahwa lulus ujian nasional merupakan satu-satunya penentu bagi peserta didik untuk dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dan berhak mendapatkan Ijazah. Bila kita mencermati pasal 72 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa lulus Ujian Nasional merupakan salah satu dalam penentuan kelulusan dari satuan pendidikan. Yang selanjutnya kriteria kelulusan sebagaimana yang ada dalam pasal 72 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tersebut selalu dituangkan dalam Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional yang dikeluarkan oleh BSNP dalam setiap penyelenggaraan Ujian Nasional.

Dalam POS Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2009/2010 disebutkan bahwa peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
  2. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran : agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, setetika, jasmani olahraga dan kesehatan.
  3. lulus ujian sekolah/madrasah;
  4. lulus ujian nasional

Dengan demikian bagi peserta didik bila memenuhi 4 kriteria tersebut maka dapat dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dan yang bersangkutan berhak mendapatkan ijazah.

Kriteria Lulus Ujian Nasional :
Baik dalam permendiknas no 75 tahun 2009 (pasal 20) maupun POS UN disebutkan bahwa peserta Ujian Nasional dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan sebagai berikut : “Memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya”.

Kriteria Lulus Ujian Sekolah :
Untuk kriteria ujian sekolah pada tahun pelajaran 2009/2010 diserahkan sepenuhnya kepada sekolah/madrasah (satuan pendidikan) masing-masing untuk menentukan kriterianya dan kriteria tersebut harus dituangkan dalam POS Ujian Sekolah yang dikeluarkan oleh sekolah/madrasah (satuan pendidikan) yang bersangkutan. Dalam Ujian Sekolah tahun pelajaran 2009/2010 berdasarkan pasal 9 ayat 7 huruf a Permendiknas No. 4 Tahun 2010 bahwa POS untuk ujian sekolah disusun oleh sekolah/madrasah, sehingga mulai tahun ini BSNP tidak lagi menerbitkan POS Ujian Sekolah.
Dengan dasar tersebut dimungkinkan dalam satu kabupaten kreteria lulus ujian sekolah baik rata-rata minimalnya dan nilai minimalnya antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lainya tidak sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: