Perjuangan Belum Berakhir

Pasca pengumuman kelulusan Ujian Nasional yang dilaksanakan secara serempak pada tanggal 26 April 2010 lalu menyisakan ribuan peserta didik yang belum memenuhi kriteria standar kelulusan Ujian Nasional dan harus mengikuti Ujian Nasional Ulangan yanga akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 14 Mei 2010. Para peserta didik yang belum berhasil memenuhi standar kelulusan Ujian Nasional dalam Ujian Nasional Utama hendaklah bisa bangkit dan menata diri untuk menyongsong Ujian Nasional Ulangan. Jangan terlena dan meratapi kegagalan yang baru saja dialami.

Perlu kita ingat bahwa kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan. Dan antara kegagalan dan kesuksesan bagaikan dua sisi mata uang yang saling melengkapi. Orang yang ingin sukses harus tahu bahwa ada saat-saat kita mengalami kegagalan, yang penting kita bukan sekedar mencari jalan menuju kesuksesan, tetapi juga mengerti “apa yang menyebabkan kegagalan”. Bukan meratapi mengapa ini terjadi, tetapi berpikir apa yang harus dilakukan untuk mengatasi dan mengantisipai supaya tidak gagal lagi.
Oleh karena itulah, para peserta didik yang belum berhasil dalam Ujian Nasional Utama dalam waktu yang singkat ini sebelum pelaksanaan Ujian Nasional Ulangan dan mumpung masih ada waktu harus bisa mengevaluasi diri dan menemukan apa yang menyebabkan anda gagal atau mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal ujian untuk mata pelajaran tertentu sehingga nilai tidak memenuhi syarat minimal untuk lulus Ujian Nasional. Apa strategi belajarnya yang keliru, kurang maksimal ataukah ada beberapa materi yang belum anda kuasai secara mendasar, untuk itulah anda harus berusaha belajar yang maksimal, banyak berlatih menyelesaikan soal dan mintalah bimbingan secara intensif kepada bapak/ibu guru mata pelajaran ujian nasional masing-masing.
Dengan melakukan evaluasi diri dan belajar dari kegagalan yang dialami itu, diharapkan anda akan menemukan jalan keluar untuk mengatasi segala persoalan sehingga anda akan memperoleh suatu kesuksesan yaitu lulus Ujian Nasional dan sekaligus lulus dari satuan pendidikan. Ingat Ujian Nasional Ulangan sudah di depan mata dan perjuangan anda untuk mencapai standar kelulusan Ujian Nasional belum berakhir. Kobarkan semangat belajarmu, semoga anda sukses dan berhasil lulus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: